Sunday 1 February 2015

Estiminasi FCR Kalkun 3 bulan

Hasil uji coba penggemukan kalkun mulai DOT dengan pemeliharaan secara intensif bisa diestimasikan FCR pada kalkun +/- 3, dan pemeliharaan sampai berat 6,5 kg perlu dipiara sampai umur 6 bulan dengan berat 6,5 kg/ekor.
FCR = Feed Convertion Ration artinya untuk membuat daging 1 kg dibutuhkan pakan brp kg ? FCR = TTL PAKAN /TOTAL BERAT DAGING
Namun karena waktunya yang cukup panjang ini (6 bulan), maka untuk menjaga dari kejenuhan diperlukan sharing adalah :
1. Pemeliahraan DOT oleh breeding telur- netas-jual DOT umur 1 minggu
2. Peternak siapan (STARTER-GROWER) = 3 bulan
3. Peternak FINISHER = 3 bulan
Dengan share yang jelas ini akan menghilangkan rasa jenuh dan tentu meningkatkan laju cash flow usaha penggemukan kalkun.
Semua harus berkomit meningkatkan skill agar dapat meningkatkan kwalitas produk masing2 segmen tersebut.

Dari 3 segmen, maka segmen yang paling sulit untuk meraih kualitas maksimal adalah pada segmen ke 2 yaitu STARTING-GROWING, karena pada sesi ini kesediaan pakan yang sesuai standart keharusan/kebutuhan belum ada di pasaran.
Karena ketidak tersediaan pakan yang sesuai standart dipasaran ini, maka peternak yang fokus pda sesi ini dibutuhkan peternak yang paham :
1. paham thd karakter bahan baku yg abaliable
2. Paham perhitungan untuk mengubah formulasi pakan tanpa mengganggu efisinya.
3. Paham program medikasi, karena disesi ini banyak sekali serangan bakteri maupun virus, dan kalkun secara alamiah belum kuat pertahanannya.

Sedang peternak yang piara/jual fase DOT dan FINISHER, insyaallah jauh lbh mudah, karena untuk memperoleh kwalitas yang maksimal dr prosuk yang dihasilkannya faktor pakan sangat mendukungnnya, sebab untuk memperoleh pakan yang sesuai standart kebutuhannnya teramatlah mudah.
Untuk harga DOT saat ini masih cukup tingi, tapi saya yakin karena terlalu banyak yang ngerjakan fase DOT ini, pasti scr alamiah hukumekonomi suply demand akan berlaku.....yaitu akan turun. dan secara alamiah pembeli DOT akan bisa memilih kualitas.

Dipaparkan Oleh kalkun potong ( komunitas kalkun blitar )


 Dokumentasi :
https://www.facebook.com/groups/717784871662029/

No comments:

Post a Comment